Rabu, 03 Agustus 2011

TANDA-TANDA ORANG MUNAFIK


علامة النفاق
Munafik Adalah Salah Satu Sifat Tercela Yang Dibenci didalam Islam, orang munafik adalah pendusta dan orang munafik adalah musuh dalam selimut, orang munafik tak obahnya laksana kepinding yang menggigit ketika orang tidur, orang minang bilang "Manuhuak kawan sairiang mangguntiang dalam lipatan, lempar batu sembunyi tangan, lain dimulut lai dihati"
Dibaok Ribuik dibaok angin * Dibaok pikek dibaok langau
Muluik jo hati kok balain * pantangan adaik minang kabau
Orang-orang munafik itu menampakan imannya hanya diluarnya saja akan tetapi sebenarnmya dia engkar kepada allah swt. 
itulah sifat dari urang munafik.dan jua didalam Surat Al-Munafikun ayat 4 allah berfirman" Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum. Dan jika mereka berkata kamu mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar[1477]. Mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya) maka waspadalah terhadap mereka; semoga Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka sampai dipalingkan (dari kebenaran)? (QS.Al-Munafiqun:4)
Rasulullah Saw. Telah bersabda tentang ciri-ciri orang munafik :
 عن ابي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال: آية المنافق ثلاث: اذا حدث كذب و اذا وعد اخلف و اذا اؤتمن خان (رواه شيخان)
Dari Abu hurairah Ra. Dari Nabi Saw. Beliau  bersabda "Tanda orang munafik itu 3 yaitu : 1> Apabila berbicara dusta 2> Apabila berjanji engkar dan 3> Apabila dipercaya khiayanat (HR. Syaikhan)
Tiga sifat yang tercela diatas sangat berbahaya kepaya pribadi pelakunya, dan bahkan kepada orang lain, coba perhatikan kejadian yang kita dengar dan saksikan hari ini, koruptor, tikus-tikus berdasi, orang islam yang tidak suka memakai ajaran islam, seluruhnya mereka adalah orang-orang munafik,
Ali RA mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, ''Sungguh aku tidak mengkhawatirkan seorang mukmin ataupun seorang musyrik atas umatku. Seorang mukmin akan dipelihara Allah dengan imannya daripada perbuatan mengganggu mereka dan seorang musyrik akan Allah patahkan gangguannya dengan sebab kemusyrikannya dari mereka, Tapi, aku sangat mengkhawatirkan seorang munafik yang pandai bersilat lidah, mengucapkan apa-apa yang kamu ketahui dan mengerjakan apa yang kamu ingkari. ...'' (Nahjul Balaghah: 114).


     Nabi dalam hadis tersebut mengingatkan kepada kita tentang bahaya orang-orang munafik, yaitu orang-orang yang 'bermuka dua', lahirnya kelihatan baik, tetapi hatinya ternyata jahat, busuk, suka menari diatas penderitaan orang lain, Secara lahir mereka baik, manis bicaranya, elok tampilannya, baju necis, celana jens, sepatu hitam mengkilat, bau harum, berjalan tegap, seakan-akan mereka teman kita, padahal mereka musuh besar kita. Mereka juga pandai bersilat lidah, perkataannya sangat menakjubkan dan meyakinkan, tetapi perbuatannya bertentangan dengan ucapan mereka sendiri.
Di depan kita mereka mengaku pembela kebenaran, penegak keadilan, pejuang hak asasi manusia, dan pendekar demokrasi. Tetapi, ternyata mereka adalah penghalang kebenaran, perusak keadilan, pelanggar hak asasi manusia, dan penghambat demokrasi.
Mereka juga mengaku pembela rakyat dan penolong kaum lemah, ternyata mereka adalah penipu (pengkhianat) rakyat dan zhalim terhadap kaum lemah. Bahkan, mereka dengan mudah berani bersumpah dengan nama Allah dan Alquran di atas kepalanya, tetapi tindakan mereka ternyata menipu Allah dan bertentangan dengan petunjuk-petunjuk Alquran.
الْمُنَافِقُونَ وَالْمُنَافِقَاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
The hypocrites -men and women- spring from one another and complement each other. They enjoin what is evil and forbid what is just and right. They keep their hands tightly shut, unwilling to spend in divine service and fail to recall Allah to mind and by consequence Allah has neglected them. Indeed the hypocrites are faithless, perverse and morally depraved.
''Orang-orang munafik, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang mungkar dan melarang berbuat yang makruf (baik) dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah. Maka, Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.'' (QS At-Taubah: 67).
Sebagai umat Islam, kita perlu selalu waspada terhadap tipu daya mereka. Jika tidak, tipu daya mereka dapat menghancurkan umat Islam itu sendiri. Khalifah Umar bin Khattab terbunuh karena ulah orang munafik. Demikian pula kerusuhan yang terjadi di masa Khalifah Usman bin Affan dan perang saudara yang terjadi di masa Khalifah Ali bin Abi Thalib. Maka, tidak menutup kemungkinan kerusuhan, kekacauan, dan perseteruan yang terjadi dinegri kita selama ini juga karena ulah orang-orang munafik.
KAUM MUSLIMIN WALMUSLIMAT RAHIMAKUMULLAH
Diantara Yang Lain Ciri Dari Orang-Orang Munafik Itu Adalah Malas Melaksanakan Shalat berjama'ah, sebagaimana Hadist Rasulullah Saw. Menjelaskan
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " أَثْقَلُ الصَّلاَةِ عَلىَ الْمُنَافِقِيْنِ صَلاَةُ الْعِشَآءِ وَ صَلاَةُ الْفَجْرِ وَ لَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِيْهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَ لَوْ حَبْوًا (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ )
Artinya:  Dari Abi hurairah ra. Ia berkata. Telah Bersabda Rasulullah Saw. Shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat ‘Isya dan shalat Fajar jika mereka mengetahui kebaikan apa yang terkandung didalamnya niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan cara merangkak sekalipun” (H.R.Bukhari Muslim).
Dalam hadist ini nampaklah oleh kita bahwa orang yang malas melaksanakan shalat berjama'ah terutama shalat yang tersebut diatas menandakan bahwa dia juga termasuk golongan orang-orang munafik
Kapakan sampai kurunci
  Oto mandanguik di kelok patah
    Manjojo urang galeh pinukuik
       Bajalan lah patuik diagiah baranti
          Kato lah patuik diagiah basudah
               Pidato lah patuik diagiah panutuik
1.  Sifat munafik adalah sifat tercela, musuh dalam selimut, menikam kawan seiring, menggunting dalam lipatan, lempar batu sembunyi tangan, lain dimulut lain dihati, oleh karna itu mari kita cegah sifat ini dengan tunduk dan patuh kepada ajaran allah dan Rasulnya.
2.      Marilah kita jauhi semaksimal mungkin sifat-sifat munafik yang tercela ini, karna sifat munafik dapat menyengsarakan pelakunya dunia dan akhirat dan Semoga Allah memelihara kita semua dari segala sifat2 kemunafikan itu.

                                                                          Pulau Punjung 21 juli 2011     
                                                                                           Penulis 


                                               FM Supriadi Tuangku Sinaro Bin Ali Bakri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar