Rabu, 03 Agustus 2011

PEWARIS SORGA FIRDAUS


الَّذِيْنَ يَرِثُوْنَ الْفِرْدَوْسَ
Sungguh beruntunglah orang-orang mukmin itu karna sesungguhnya mereka semua akan mewarisi Sorga Firdaus, maka dalam pertemuan kita yang singkat ini marilah kita lihat siapa sajakah yang dikategorikan pewaris Sorga Firdaus itu adalah :
1)           الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ
(Orang-orang yang Khusuk dalam Shalatnya)
Didalam Al-Quran Allah Swt. Menegaskan, Sungguh Shalat itu amatlah berat dikerjakan kecuali bagi orang-orang yang Khusuk mengerjakannya,dana adapun Khusuk menurut Tafsir Sawi ada dua :
1.  Khusuk Secara Zohir yaitu ketika seseorang mengerjakan yang anggota tubuh tetap tenang tidak bergerak kesana sini, apalagi gelisah, nah orang yang bisa menenangkan dirinya dalam Shalat maka dia sudah dikatakan pada sa'at itu Khusuk Secara Zohir.
2.  Khusuk Secara Batin yaitu ketika seseorang itu melaksanakan Shalat yang hatinya selalu menghadap Kepada Allah Swt. Ketika ada orang yang shalat tetapi ingatan entah kemana-mana, hatinya lalai dari mengingat allah, maka orang yang seperti ini belum lagi dianggap Khusuk secara Batin, jadi Shalat yang Khusuk secara Zohir dan batin itu adalah orang yang shalatnya tenang anggota tubuhnya dan juga Hadir hatinya kepada Allah Swt.
2)      وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ
(dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna)
Jangankan untuk melakukan perbuatan dan mengucapakan kata-kata yang tiada berguna, mendengarkannya saja dia tidak mau, ini adalah sikap orang-orang yang beriman yang beruntung yang bakal mewarisi Sorga firdaus diakhirat kelak.kalau hal ini berada pada setiap pribadi insan mukmin tentu seluruh ummat manusia terbebas dari fitnahan dan adu domba.
3)   وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ
(dan orang-orang yang menunaikan zakat)
Kata-kata zakat didalam Al-Quran disebutkan sebanyak 30 kali Kewajiban Zakat sama dengan kewajiban Shalat, orang yang tidak mau membayar zakat maka dia telah melakukan dosa besar, zakat adalah untuk mensucikan harta, dan orang yang suci hartanya maka harta itu tentu tidak menjadi penghalang antara dia dengan allah swt.
4)   وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ
(dan orang-orang yang menjaga kemaluannya)
Pada hari ini kita saksikan secara terang-terangan manusia menjojokan kemaluannya kepada lawan jenisnya, memang berjuang melawan nafsu merupakan perjuangan yang peling besar, kadangkala seseorang yang sudah memiliki suami atau seseorang yang telah memiliki istri masih mau menyantap milik tetangganya atau siapa saja yang dia sukai, nauzubillah min zalik hal inilah yang pernah dilihat oleh nabi ketika israk walmi'rat bahwa ada suatu kaum yang mereka lebih menyukai memakan daging mentah daripada daging masak, artinya apa? Mereka adalah perumpamaan untuk Ummat Nabi yangmana mereka lebih menyukai suami orang atau istri orang lain dari pada suami atau istrinya sendiri.
Jadi bagi orang yang beriman yang bakal mewarisi sorga Firdaus itu mereka mampu menahan kemaluannya dari berbuat yang tidak senonoh, disebut kemaluan sebab seluruh zina itu dibuktikan dengan kemaluan, zina itu kan banyak macamnya, ada zina tangan, ada zina mata, seluruhnya itu pembuktiannya adalah Faraj atau kemaluan.
5)   وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ
Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya
Semua pemberian allah adalah amanah yang mesti dijaga dan dipertanggung jawabkan, ketika Baginda rasul di Israk wal mi'rajkan beliau melihat seseora yang memikul beban berat, anehnya dia semakin tidak mampu dia membaawanya malahan semakin ditambah beban itu, apa ini ya jibril ??? kata Malaikat Jibril ini adalah perumpamaan Ummatmu yang menyia-nyiakan amanah, ingatlah orang yang menyia-nyiakan amanah bakal melarat dunia akhiratnya, didunia dia dibenci orang dan diakhirat di mendapat azab yang pedih.
6)   وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ
dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.
Dalam Hal Shalat banyak yang mesti kita Pelihara ;
Yang pertama Waktunya: Shalat tepat waktu merupakan suatu amalan yang dicintai oleh Allah Swt. Dan orang yang selalu lalaikan waktu Shalat maka dia termasuk orang-orang yang merugi.
Yang kedua Syarat sebelum melaksakan Shalat : dalam hal ini lima hal yang mesti kita perhatikan:
1.  Mengetahui masuk waktu shalat
2.  Suci anggota tubuh dan pakaian dari Najis
3.  Suci Tempat Shalat
4.  Menutup Aurat dengan pakaian yang suci
5.  Menghadap Kiblat
KAUM MUSLIMIN WALMUSLIMAT RAHIMAKUMULLAH
Rang padang Ma-anik banang * dianik lalu diparampek * Parampek lalu diparlapan *
Dirantang Namuahnyo Panjang * Elok dipunta Nak nyo singkek * Singkek Sakadar Kapaguno *
Untuk mewarisi Sorga Firdau ada 6 Hal yang mesti kita miliki:
1.  Shalatlah dengan Khusuk
2.  Hindari Perkatan dan perbuatan yang tidak bermanfa'at
3.  Bayarkanlah zakat apabila telah sampai kadarnya
4.  Memelihara Kemaluan dari berbuat Zina
5.  Memlihara Amanah
6.  Memelihara Shalat.
و السلام عليكم ورحمة الله و بركاته
  
 Pulau Punjung Rabu 27 Juli 2011
             Penulis

FM Supriadi Tk Sinaro Bin Ali Bakri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar