Rabu, 03 Agustus 2011

CINTA SEGI 4


Manusia dilahirkan adalah karna cinta,betul…. dan cinta merupakan fitrah yang mesti dijaga, banyak orang yang memberikan defenisi apa itu cinta, cinta dalam Bahasa Arab disebut dengan HUB, atau MAHABBAH dan HABIBAH jadi kalau orang bilang NUR HABIBAH itu artinya CAHAYA CINTA  yeeeeeeah …… dan orang bijak mengatakan:
Redup gelap gulita  *   
Ombak Pantai badaram-daram
hidup tanpa CINTA   *   
laksana Gulai tampa Garam
Agar terarahnya pembicaraan kita mari kita beri batasan, ibarat sawah dikasih pematang, ibarat ladang dikasih pagar, yaitu CINTA SEGI 4 yang dimaksud dalam hal ini adalah :
1.  Cinta kepada Allah
2.  Cinta Kepada Nabi
3.  Cinta Kepada Orang tua
4.  Cinta Kepada Sesama manusia
YANG PERTAMA: CINTA KEPADA ALLAH, Cinta Kepada Allah merupakan jalan  seseorang untuk merasakan manisnya Iman dalam hidupnya, sebab orang yang merasakan manisnya Iman itu adalah orang yang menjadikan Allah lebih dia cintai dari yang lainnya.jadi jangan mengaku bahwa telah merasakan manisnya Iman kalau Allah belum lebih utama dicintai daripada yang lainnya, ada tiga hal bukti seseorang telah merasakan manisnya Iman, yang pertama: Allah dan Rasulnya lebih ia cintai dari yang lainya, yang kedua:Mencintai seseorang karna Allah, Yang ketiga: benci kembali kepada kekufuran sebagaimana ia benci dicampakan kedalam Neraka, lalu apa buktinya bahwa seseorang itu cinta kepada Allah ??? biasanya orang yang cinta terhadap sesuatu, dia akan, patuh…, nurut… dan rela berkorban demi cintanya, begitu juga cinta kepada Allah, orang yang mencintai Allah akan mematuhi Aturan Allah dan Rasulnya, dan meluangkan waktu untuknya 5 waktu sehari semalam, jadi bukanlah dinamakan cinta kepada Allah bagi orang yang tidak melsaknakan Shalat Lima waktu sehari semalam,
YANG KEDUA : CINTA KEPADA RASUL,Baginda Rasul Muhammad Saw.Telah bersabda :
عن أنس – رضي الله عنه – أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :
 
لا يؤمن أحدكم حتى أكون أحب إليه من ولده ووالده والناس أجمعين » ( أخرجه البخاري و مسلم «
Artinya:Dari Anas RA. Sesungguhya Rasulullah Saw. Bersabda: Tidak beriman salah seorang kamu hingga aku lebih ia cintai daripada anak, ayah, dan semua orang (HR.Bukhari dan Muslim)
Jika kita ingin mencintai dan dicintai oleh Muhammad Rasulullah s.a.w.tentu kita berbuat harus berdasarkan tuntunan beliau, contoh ketika seorang anak melakukan sesuatu yang dilarang oleh Allah dan Rasulnya maka oleh orang tua yang cinta kepada Allah dan Rasulnya memberikan nasehat kepada anaknya bahwa hal itu dilarang oleh Allah dan Rasulnya
Nah, untuk dapat mencintai Rasulullah dan kemudian dicintai oleh Rasulullah ada lima hal yang harus kita kerjakan, yaitu:
1)      Banyak-banyak bershalawat kepada Rasulullah secara ikhlas.
2)      Memahami dan mengambil pelajaran dari sejarah Rasulul
3)      Mencontoh sunah-sunah Rasulullah yang berkaitan dengan ibadah kepada Allah.
4)      Mentauladani perilaku Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.
5)      Ziarah ke makam Rasulullah di Madinah almunawwarah dengan ikhlas jika kita telah diberi kemampuan pergi kesana..
Jika kelima hal ini kita praktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari dengan ikhlas karena mengharap ridlo Allah, Insya Allah kita termasuk orang yang telah mencintai dan dicintai oleh Rasulullah Saw. Dan jika kita telah berusaha mencintai Rasulullah maka tentu kita berharap bahwa Rasulullahpun Membalas cinta kita dengan Syafa'at beliau pada hari kiamat nantiknya, senteang nan kamambilai kurang nan kamanukuak, lamah nan kamanawue terhadap ummatnya pada hari kiamat nantik adalah beliau baginda Rasul Muhammad Saw.
YANG KETIGA :CINTA KEPADA DUA ORANG TUA
Menghormati dan mencitai Orang tua adalah salahsatu hal yang diperintahkan oleh Allah Swt, meskipun dia seorang yang selalu engkar kepada Allah namun seorang Anak tidak boleh menyakitinya.
Adapun sikap kita kepada Orang tua yang tertera dalam Al-Quran diantaranya adalah:
1.  Berkata dengan Ucapan dan suara lemah lembut
وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا (الاسراء : 23)
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia
2.  Menghormati dan Mendo'akannya
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا  (الاسراء:24)
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil."
3.  Berterimakasih
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ   (لقمان : 14)

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahunBersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
YANG KE-EMPAT: CINTA SESAMA MANUSIA, Mencintai antar sesama Manusia merupakan ajaran Agama kita yang mulia. Sebagaimana dalam hadist.
Rasulullah saw bersabda:

لاَ يُؤْمِنُ اَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لاَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ . رواه البخارى ومسلم

Tidak beriman salah seorang dari kamu, sehingga ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya.(HR.Bukhari dan Muslim)  
Sebagai kesimpulan Empat hal has mesti kita cintai dalam kehidupan kita ini:
1.  Cinta kepada Allah
2.  Cinta Kepada Nabi
3.  Cinta Kepada Orang tua
4.  Cinta Kepada Sesama manusia
Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan semoga saja bermanfa'at terutama bagi diri saya sendiri, Terima kasih

بالله التوفيق و الهداية و الرضى و العناية
و السلام عليكم ورحمة الله و بركاته


Pulau Punjung Rabu 27 Juli 2011
  Penulis
                         
                          FM Supriadi Tk Sinaro Bin Ali Bakri


11 komentar:

  1. judulnya membuat orang lain menganggap bahwa itu cinta segi empat sesama manusia padahal tidak
    keren...
    terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  2. sangat mengingatkan kembali pelajaran yang dulu. Teima kaih kak!
    mantaap...!

    BalasHapus
  3. wow keren ,,,,,cinta sesama manusianya kok dikit kak

    BalasHapus
  4. Tema serta isin dari ceramahnya sangat menarik, dan insya allah bias bermanfaat bagi banyak orang

    BalasHapus
  5. senteang nan kamambilai kurang nan kamanukuak, lamah nan kamanawue arti nya apa itu kang?

    BalasHapus
  6. Keren
    Kak buat pidato tentang tasawuf lah

    BalasHapus